Kapita Selekta 6

Nanoscale Characterization and Environmental Chemistry Laboratory (NCEC Lab)
Desy M
한양 대학교 (University of Han-yang)

Hai selamat siang^^v rabu kemarin tepatnya tanggal 18 desember 2018 kita kedatangan narasumber dari Korea looh. Eh gak deh beliau orang Sumbawa yang lanjut S2 nya di Korea. Kepo kaaan? Nih aku perkenalin dulu sebelum masuk ke topik utama nya yaitu NCEC Lab. Namanya mba Desy beliau lulusan Universitas Hanyang jurusan kimia angkatan 2015. Mba Desy ini salah satu dari sekian banyak pejuang beasiswa. Beasiswa yang di dapat mba Desy adalah LPDP. Wih keren gak? LPDP itu beasiswa bergengsi loh karena salah satu syarat supaya dapat beasiswa ini adalah score IELTS kamu minimal 6,5 atau 650. Mba Desy ini sebelum berangkat ke Korea beliau menghubungi professor professor disana. Salah satu professor disana adalah 김태연 (Kim Taeyeon). Udah kaya nama actor ya?.  교수(professor kim) ini bekerja di bidang analisis. Di Laboratorium disana bisa dibilang lengkap dengan alat buat karakterisasi material loh. Ada SEM, TEM, DLS, Flux Chemistry, sampai ICMS. Algorithm juga sekilas mba desy paparkan, yaitu tentang mensitesis suatu sampel.
Misi disana salah satunya adalah transform insight and ideal. Saya juga mencatat sedikit tentang research topic di Universitas Hanyang yaitu:
1.      Size and shape of ore an aghomerated nanoparticles
2.      Nanoparticles mixture compositions, concentration and distribution = menggunakan sel invitro and expose nanoparticle dalam bentuk solution.
3.      Hydrodynamic size and surface change of nanoparticle.
4.      Surface functional groups of nanoparticles
5.      Optical properties and dispersion stabilities = pencampuran nanoparticle sampai mengendap kemudian di analisis hasilnya.
Nanoparticle itu biasanya terdiri dari atom-atom.
Alat-alat yang terdapat di Laboratorium Hanyang University adalah
1.      SEM (Scanning Electron Microscopy)
2.      TEM (Transmission Electron Microscopy)
3.      DLS ( Dynamic Light Scanning) digunakan untuk menentukan particle size
4.      Flux Chemistry
5.      ICMS
Alat – alat disana tidak sembarang orang yang dapat mengoperasikan nya, hanya orang orang tertentu saja yang dapat mengoperasikan sekalipun itu mahasiswa jika belum sepenuhnya dipercaya oleh professor yaa tidak boleh mengoperasikan alat tersebut.
Salah 1 jurnal yang ditampilkan mba desy adalah Flow Cytometry Based Quantification of Cellular Au Nanoparticle dan research topic nya adalah Nanomaterial Characterization and Assesment Techniques. Adapun predictive data analytics :
1.      The goal is to find method for risk assessment of nanoparticle
2.      Correlate nanoparticle characteristic (such as physicochemical and theoretical properties) to their required information (such as toxicological effect on certain living organism) by using statistical mean (algorithm) and then use the obtained correlation (model) to predict the information of new nanoparticle.
2 bentuk Nanoparticle yaitu SAR (Structure Activity Relationship) dan Model Development.

sekian  materi yang saya post semoga bermanfaat. 안녕 ^^v

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Rotasi

Kapita Selekta 7

Long Distance Relationship